Menpar RI, Akan Jadikan Festival Tanjung Lesung Sebagai Calender Of Event Nasional 2019

INDONESIASATU.CO.ID:

 

Pandeglang - Menteri Pariwisata Republik Indonesia (Menpar-RI) Arief Yahya begitu mengapresiasi acara Festival Pesona Tanjung Lesung, yang baru saja digelar pada Jumat (29/9), di Kampung Cikadu Desa Tanjung Jaya Kecamatan Panimbang.

Menurut Arif, acara tersebut sangat bagus untuk menarik minat para wisatawan. "Tahun yang akan datang 2019, Festival Tanjung Lesung terpilih kembali menjadi Calender  Event Nasional. Oleh sebab itu kami akan bantu anggarannya sebesar 1,5 miliar,  dan saya harapkan dikemas lebih bagus lagi acaranya dan dipersiapkan dari sekarang," kata Arif Yahya saat membuka acara.

Ada tiga hal yang dapat memajukan Pariwisata di Pandeglang, jelas Arif. Yang pertama kata dia, adalah Atraksinya dari segi event yang diselenggarakan, kedua Akses ketempat wisatanya agar terintegrasi dan ketiga Amenitas atau berbagai fasilitas yang tersedia ditempat wisata lengkap.

 "Di acara ini harusnya ada acara sesuatu yang berbeda yang tidak ada di daerah lain, contohnya yang ada disini dan tidak ada di daerah lain seperti Ujung Kulon yang nanti kita akan ajukan kedalam Unesco Global Geopark. Sehingga namanya bisa dikemas menjadi Tanjung Kulon, "jelasnya. 

Untuk akses,  masih kata Arif, saat ini akan segera terwujud ruas jalan bebas hambatan ( tol ), reaktivasi kereta api,dan  Bandara. 

Sementara Bupati Pandeglang Irna Narulita SE MM dalam sambutannya menyampaikan, Pandeglang adalah daerah  yang kaya akan sumber daya alam, harus dikembangkan. Karena Pandeglang memiliki kurang lebih 306 objek wisata,  dan 51 pulau.

"Kami bersyukur memiliki alam yang berlimpah, kami juga  meyadarai potensi yang kami miliki ini tidak akan punya nilai jual tanpa  dikelola dengan baik. Untuk itu, kami mohon dukungan dari Pak Menteri dan Gubernur Banten," ujar Irna

Irna pu meyakini sejauh ini pengembangan Pariwisata di Pandeglang pihak Kementerian Pariwisata dan Pemerintah Provinsi Banten telah banyak memberikan kontribusi bagi Kabupaten Pandeglang. Hal itu terlihat, banyaknya program dari Pusat dan Provinsi yang hadir di Pandeglang.

"Kami ucapkan terimakasih kepada Pak Menteri yang telah menganggarkan pembangunan Kampung Wisata Cikadu dengan anggaran kurang lebih Rp. 89 miliar, walaupun diluar kawasan yang terpenting tidak jauh dari Kawasan Tanjung Lesung," ujarnya. 

Masih kata Irna,  saat ini memang lama berkunjung para wisatawan yang datang ke Pandeglang  masih kurang dari satu hari. "Ini memang menjadi pekerjaan rumah bagi kami agar wisatawan bisa tinggal lama dan betah di Pandeglang. Tapi jika tidak didorong oleh semua pihak tentu prosesnya akan sulit terealisasi.

"Paling utama aksesbilitas yang harus segera terwujud adalah Jalan Tol, Reaktivasi Jalan Kereta dan Bandara, sehingga wisatawan dapat mudah menjangkau ke Kabupaten Pandeglang, " harapnya. 

Usai pembukaan,  Menpar Arif Yahya bersama Bupati Pandeglang Irna Narulita beserta jajarannya meninjau acara Pasar Kolecer, dan Peresmian Rhino Daiving Center di Beach Club. 

Hadir dalam acara ini Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy,  Forkopimda Banten, DR. Achmad Dimyati Natakusumah suami dari Bupati Pandeglang, Kadispar Prov Banten Eneng Nurcahyati, Forkopimda Pandeglang, Para Asda Pandeglang, Kadispar Kabupaten Pandeglang, dan Kepala OPD lainnya dilingkup Kabupaten Pandeglang. (dhank)

  • Whatsapp

Index Berita