Mengenal Madrasah Aliyah Tertua Berprestasi di Banten

indonesiasatu, 20 Mar 2019,
Share w.App T.Me

SERANG - Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Serang merupakan salah satu sekolah madrasah tertua di Kota Serang Propinsi Banten. Beragam prestasi siswa telah banyak diraihnya. Bahkan perkembangan dan kemajuan sekolah terlihat sejak Tahun 2012 setelah Ahmad Amrudin S Ag, M Pd memangku jabatan Kepala Sekolah.

Ditemui diruang kerjanya, Ahmad Amrudin S. Ag , M.Mpd kepada Indonesiasatu.co.id mengaku sejak diamanatkan menjadi kepala sekolah MAN 1 Kota Serang dirinya punya mimpi menjadikan sekolah lebih unggul dari Sekolah Menengah Atas (SMA) pada umumnya.

Dikatakan dia, dirinya sebelumnya sempat mengajar di sekolah kejuruan ( STM), dan banyak orang-orang memandang bahkan menilai kalau Madrasah Aliyah Negeri seakan sekolah yang hanya bisa doa, hanya bisa masuk Universitas Islam Negeri ( UIN) dan tidak bisa masuk universitas favorit, bahkan tidak bisa bekerja di bidang lain.

"Atas dasar itu pula saya akan membuktikan bahwa Madrasah Aliyah Negeri ( MAN) bisa segala-galanya", ujarnya Ahmad.

Penilaian orang kata Ahmad kembali, terkadang keliru, karena MAN 1 Kota Serang ini sebenarnya sama dengan dengan sekolah menengah atas pada umumnya. Dimana MAN juga memiliki jurusan IPA ,IPS, hanya saja yang membedakan MAN dengan SMA, yakni MAN memiliki jurusan Agama Islam.

"Artinya MAN 1 Kota Serang bisa masuk kemana saja termasuk universitas ternama di Indonesia maupun di luar negeri, jadi tidak hanya masuk di universitas Islam negeri ( UIN ) saja", imbuhnya

Masih kata Ahmad, pada Tahun 2012 berjumlah 300 siswa, berkat kerjasama bersama guru-guru , TU , para wakil kepala madrasah , komite sekolah sampai orang tua wali murid akhirnya dari tahun ke tahun meningkat terus menerus bahkan dalam waktu dekat ini pihaknya bekerjasama dengan komite sekolah akan membentuk madrasah berbasis pesantren.

Untuk outputnya tambahnya, MAN 1 Kota Serang telah banyak meluluskan siswanya yang melanjutkan ke perguruan tinggi negeri dan hal itu terbukti meningkat dari tahun ke tahun, bahkan ada siswa yang mendapatkan beasiswa di universitas Turki.

"MAN 1 Kota Serang ini memiliki kegiatan Ex School begitu padat seperti kegiatan komputer di laboratorium, kegiatan penyiar radio di studio mini radio dan dakwah setiap hari Sabtu di lapangan dengan menggunakan bahasa Inggris, Arab dan Indonesia", jelasnya

Dari hasil kegiatan Ex School inilah MAN 1 Kota Serang mendapatkan prestasi akademik seperti lulus UN 100 persen, dan masuk perguruan tinggi negeri dengan nilai yang memuaskan. Sedangkan untuk non akademik kata Ahmad, kegiatan kesenian Marawis MAN 1 Kota Serang kerap di undang setiap moment acara di masyarakat. Selain itu, Nasyid mendapatkan juara 2 tingkat nasional, dan MTQ mendapatkan juara Nasional hingga juara tingkat internasional.

"Untuk pendaftaran siswa baru MAN 1 Kota Serang akan membuka pendaftaran secara online pada tanggal 4-20 April 2019 mendatang", ungkapnya seraya menambahkan, hal-hal yang harus dipersiapkan mengikuti tes bagi siswa baru adalah nilai raport rata-rata 7,6, dan tes pengetahuan umum yakni bahasa Inggris, bahasa Indonesia dan pengetahuan agama.

"Untuk tes kejuruan IPA dan IPS adalah IPA terpadu dan IPS terpadu, untuk tes jurusan Agama Islam yaitu pengetahuan agama dan baca tulis Al-Qur'an ( BTQ )", terangnya

Menutup perbincangan dengan indonesiasatu, Ahmad Amrudin menyampaikan keinginan untuk mengembangkan sekolah MAN 1 Kota Serang lebih maju lagi.

"Sekolah Madrasah ini harus lebih maju lagi, karena dilihat dari sejarahnya, sekolah ini adalah Sekolah MAN satu-satunya yang ada di Propinsi Banten. Berarti ini sekolah MAN tertua yang pada waktu itu memiliki jumlah siswa yang banyak", tutup Ahmad (Herman/Ardi)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu