Komunitas Seni Budaya Sunda Tangerang (KSBST) Menggelar Pentas Seni Budaya Sunda Tangerang yang ke-5

sopiyan, 13 Jan 2020, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

TANGERANG -Dengan mengusung tema Kaum Millenial Kudu Ngaelestarikeun Seni Budaya Tangerang dalam rangka hari jadinya perkumpulan para Komunitas Seni Budaya Sunda Tangerang (KSBST) yang ke-5 menggelar "Gebyar Pentas Seni Budaya Sunda Tangerang" di Lap. PSP Pasirandu, Desa Kadu, Kecamatan Curug Kabupaten Tangerang (13/01/2020).

Kegiatan ini sebagai bentuk upaya untuk terus melestarikan Seni Budaya Tradisional, khususnya kesenian dan kebudayaan asli Tangerang, (13/1/2020).

Hadir diacara tersebut, Kepala Desa Kadu M. Asdiansyah, Babinsa Kadu, Binamas Kadu, Ketua Citra Bhayangkara Polsek Curug dan para tokoh masyarakat Desa Kadu.

Dalam sambutannya Kades Kadu mengatakan, pagelaran seni dan budaya seperti ini ia sangat mendukung pelestarian budaya tradisional.

"Ini merupakan salah satu bentuk pendidikan karakter bangsa, dan saya bersama sekdes telah membahas terkait kegiatan kesenian yang ada di Desa Kadu kami akan masukan untuk dianggarkan," katanya di sela acara.

Acara dimeriahkan oleh penampilan berbagai tarian jaipong, pencak silat sanggar KSBST, Topeng (lawakan) serta musik gamelan yang tergabung dalam perkumpulan Komunitas Seni Budaya Sunda Tangerang.

Lebih lanjut Ketua Umum KSBST Angga MC (kiponk) berharap dapat menarik perhatian para masyarakat terhadap kesenian dan kebudayaan asli sunda Tangerang.

"Kalau tidak terus dilestarikan, kedepan seni dan budaya tradisional akan hilang, dengan seiringnya waktu dan menjamurnya tradisi dari luar," sebut Angga.

Meski tak dihadiri oleh Camat Curug, Bupati Tangerang, serta penjabat dinas di lingkup pemerintahan Kabupaten Tangerang tak menyurutkan semangat para seniman yang ada di Kabupaten Tangerang untuk menggelar acara yang rutin dilaksakan satu tahun sekali.

Disisi lain Dewan pembina KSBST menambahkan, dengan adanya perkumpulan komunitas seni budaya sunda tangerang dapat menjadi wadah para seniman lain di Tangerang bisa bersama-sama mengembangkan tradisi khas Tangerang.

"Semoga dengan apa yang kita harapkan, dengan hadirnya KSBST ini dapat terus menglestarikan kesenian di Tangerang dan Selain itu, pentas seni ini juga digelar dalam rangka menjalin silaturahmi antar para seniman dari 16 rombongan topeng di Kabupaten Tangerang
," tambahnya.

Tak hanya itu, Sekretaris KSBST Aris Suryadi berharap pemerintah daerah dapat mendukung penuh bagi pelestari dan kemajuan seni dan budaya.
Menurutnya, proses regenerasi harus terus dilakukan. Apalagi seni dan budaya merupakan awal berdirinya peradaban.

"Pelaku seni, pegiat budaya harus bersinergi dengan pemerintah dalam usaha melestarikan itu semua," katanya.

Jenk Widhi selaku Aktfis mengatakan kegiatan Pagelaran Seni Budaya Sunda Tangerang, merupakan kegiatan yg positif Indonesia Negara yang kaya akan Seni Budaya, ayo Kita lestarikan jangan sampai punah, Pemda Setempat mesti mendukung dengan adanya kegiatan ini,dengan Karya Seni Budaya bisa Go Internasional.

Dipenghujung acara Ketua Umum KSBST memberikan piagam penghargaan kepada seluruh ketua ranting yang ada di 4 Kecamatan dan 16 pimpinan rombongan topeng yang ada di Kabupaten Tangerang

Widhy/sopiyan

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu