BLK Pandeglang Gelar Pelatihan Kerja, Warga Antusias dan Apresiasi

INDONESIASATU.CO.ID:

Pandeglang, Banten, - Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Pandeglang, akhir-akhir ini tengah disibukan dengan beragam kegiatan pelatihan bagi peserta didik, yang mayoritas warga pandeglang.

Saat ini ada 128 peserta didik yang mengikuti pelatihan keterampilan dan skill dari delapan kejuruan yang tersedia diantaranya, kejuruan bidang keterampilan Las, Elektro, Listrik, Menjahit, Otomotif, Bubut, Akuntansi hingga bidang pertanian hortikultura.

Dilihat dari perannya, BLK merupakan tempat atau wadah bagi warga yang ingin mendapatkan ilmu keterampilan dan skill penunjang kerja. Biasanya pelatihan atau kursus yang ada di BLK diperuntukan bagi warga putus sekolah atau warga yang hendak melanjutkan usaha baik mandiri maupun bekerja di perusahaan-perusahaan.

Kepada indonesiasatu.co.id, Kepala Sub Bagian Umum BLK, Nunu ketika ditemui diruang pelatihan, Kamis (25/04/2019) Mengatakan, untuk tahun anggaran 2019 agenda BLK menyelenggarakan kegiatan pelatihan enam angkatan, setiap angkatan per bidang kejuruan diikuti peserta sebanyak 16 orang dari delapan bidang kejuruan.

"Untuk masa pelatihan per angkatan di BLK hanya diberi waktu selama 40 hari", tandas Nunu

Kendati demikian tambah Nunu, pihaknya meyakini kalau peserta didik dapat menerima setiap ilmu yang diberikan pembimbing atau tutor dari BLK, sebagai penunjang peserta bila hendak bekerja di perusahaan ataupun bekerja secara mandiri.

Nunu pun berharap dengan BLK melaksanakan kegiatan pelatihan bagi warga, angka pengangguran khususnya di wilayah Kabupaten Pandeglang dapat terminimalisir dengan signifikan.

"Ya semoga saja dengan warga telah menerima ilmu keterampilan dan skill tersebut, dapat mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Pandeglang", tandas Nunu

Sementara ditempat terpisah Ketua Forum Komunikasi Masyarakat Banten (FKMB), Yusuf Al-Ayubi mengapresiasi langkah Pemerintah Daerah Kabupaten Pandeglang yang telah menganggarkan program pelatihan keterampilan kerja bagi warga pandeglang melalui Badan Latihan Kerja (BLK).

"Kami apresiasi program BLK memberikan kursus keterampilan kerja bagi warga. Karena hal itu sebagai bekal warga apabila hendak melamar pekerjaan ke perusahaan perusahaan", cetus Yusuf seraya berharap Pemerintah Daerah, Propinsi ataupun Pusat kiranya dapat terus memperhatikan setiap program kepentingan rakyat seperti program pelatihan BLK tersebut.

"Apa yang dilakukan BLK dengan program pelatihan keterampilan merupakan program positif untuk kepentingan masyarakat. Nah program semacam ini yang mesti terus pemerintah perhatikan baik secara anggaran maupun infrastruktur sebagai penunjang sarana dan prasarana program lebih diutamakan, mengingat program tersebut membantu kelangsungan hidup dan kesejahteraan masyarakat", tutup Yusuf (dhank)

 

  • Whatsapp

Index Berita