11 Orang Pelaku Pemburu Tiga Ekor Rusa, Diamankan Di Mapolres Pandeglang

INDONESIASATU.CO.ID:


Pandeglang, Banten,- Sebelas orang pemburu yang melakukan perburuan dan berhasil menembak mati tiga ekor rusa di Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) Kecamatan Sumur Kabupaten Pandeglang Propinsi Banten, telah diamankan pihak Kepolisian Resort (Polres) Pandeglang, Minggu (02/12).

Dari informasi yang dapat dihimpun indonesiasatu.co.id, para pelaku pemburu tiga ekor rusa jenis timor tersebut diduga dilakukan Bimo CS. Sekitar sebelas orang pemburu itu pun  berhasil diamankan petugas Taman Nasional Ujung Kulon, berikut barang bukti tiga ekor rusa yang sudah dikemas di box, senapan laras panjang dan pendek lengkap dengan peluru. Kini kesebelas pemburu oleh petugas TNUK diserahkan ke Polres Pandeglang guna pemeriksaan lebih lanjut. 

Atas peristiwa tersebut Ketua NGO AKSI, Agus Hidayat, berharap proses hukumnya dapat berjalan sesuai prosedur hukum yang berlaku di negeri ini. Jangan sampai ada istilah 'Hukum Tajam Kebawah Tumpul ke Atas'.

"Artinya jika saja masyarakat kecil melakukan kesalahan mengambil tiga ekor udang saja sampai proses hukum ke pengadilan. Dan ini tentunya harus ada keseriusan dari pihak Kepala Balai TNUK untuk melanjutkan proses hukum ke tingkat yang lebih tinggi agar pelaku penembakan terhadap hewan yang dilindungi tersebut dapat diadili dengan seadil-adilnya", cetusnya

Sementara Kepala Balai Taman Nasional Ujung Kulon, Dr. U. Mamat Rahmat, S. Hut, Mp. Saat di konfirmasi melalui WhatsApp nya membenarkan bahwa telah terjadi penembakan tiga ekor rusa di Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon.

"Betul telah terjadi perburuan tiga ekor rusa timor di legon haji Pulau Panaitan. pelakunya diduga BIMO dan kawan-kawan. Kami telah menyerahkan para pelaku ke Polres Pandeglang untuk diproses lebih lanjut", jelasnya seperti dikutip Radar Nusantara (dhank)

  • Whatsapp

Index Berita